mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia


karena dengan adanya persatuan Bangsa Indonesia memiliki modal dasar dalam menghadapi ATHG, sehingga Integrasi Nasional dapat senantiasa terjaga dan bangsa ini dapat terhindar dari jurang Disentegrasi Nasional.

Kesatuan sangat penting bagi bangsa indonesia karena :

  1. Kesatuan merupakan ciri khas masyarakat indonesia di mata internasional
  2. Kesatuan sangat penting karena kesatuan lah yang dapat mengikat tali keberagaman 
  3. Kesatuan merupakan merupakan prinsip yang tidak terlepas dari kepribadian bangsa kita.

Dalam menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung sangat lama. Hal ini karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari berbagai unsur sosial budaya masyarakat Indonesia dalam jangka waktu yang lama. Berbagai unsur sosial budaya itu seperti sifat kekeluargaan serta memiliki jiwa gotong-royong. Keduanya merupakan salah satu dari sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan.

Selain itu, dengan persatuan dan keutuhan bangsa, kita dapat kuat dan dapat mencapai tujuan. Bangsa Indonesia akan lebih kuat apabila semuanya bersatu, dan sebaliknya jika kita terpecah belah maka bangsa kita akan lemah.

Dalam menyatukan keanekaragaman bangsa Indonesia, kita memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dianggap sesuai untuk menyatukan bangsa Indonesia. Kita ketahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, bahasa daerah, dan lain sebagainya.

Kita sebagai bangsa yang beragam. Tentu harus ada pengikat yang kuat. Pengikat yang tidak mudah lepas. Sehingga keberagaman kita tetap terjaga. Keberagaman itu dapat diikat dengan persatuan. Persatuan itu berasal dari mana? Berasal dari toleransi yang tinggi antar sesama yang di landasi dengan pancasila.
Indonesia negara yang beragam. Keberagamannya senantiasa diikat oleh persatuan yang sudah di bingkai dalam pancasila sebagai dasar berdirinya negara republik indonesia.

Dalam mempererat dan memperkuat bangsa Indonesia, salah satunya kita perlu menghargai budaya suku lain dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk saling menghargai perbedaan suku bangsa, diantaranya :

  1. Tidak meremehkan dan menghina adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.
  2. Tidak menganggap suku bangsa sendiri lebih baik dari pada suku bangsa lain.
  3. Menerima serta menghargai budaya, suku, agama, dan adat istiadat orang lain.
  4. Mau mempelajari kebiasaan, adat istiadat, dan hasil kesenian suku bangsa lain.
  5. Memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi serta budaya yang ada di dalam masyarakat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia"

Post a Comment