tari merak berasal dari daerah ?


Tari merak berasal dari daerah

Indonesia memang terkenal banyak keanekaragaman budaya. Budaya tradisional maupun modern. Semua budaya itu sangat menarik untuk di pelajari. Diantara budaya tradisional terdapat kesenian tari. jenis tarian tersebut pun bermacam macam sesuai dengan daerahnya masing masing.


Salah satu jenis tarian yang sangat terkenal yaitu tari merak. Tari merak berasal dari pulau jawa, lebih tepatnya di jawa barat daerah pasudan.
Tari merak adalah sebuah tarian yang menggambarkan kehidupan burung merak. Gerakan dari tari merak diambil dari kehidupan burung merak dan diangkat ke pentas seni oleh seniman sunda raden tjetjep soemantri.


Ciri ciri tarian merak

setiap tarian memiliki chiri khas tersendiri di setiap daerahnya. Bisa dengan kostumnya dan juga gerakana tarianya. Yang menjadikan Ciri khas tarian merak adalah:

  1. Busana ataupun kostumnya yang memiliki motif seperti bulu merak. Kostum ini juga memiliki sepasang sayap yang mirip dengan ekor merak yang di kembangkan. Juga terdapat hiasan di setiap kepala penarinya berupa mahkota.
  2. Gerakan tari merak sangat mirip dengn tingakah laku burung merak jantan yang lagi mencari perhatian burung merak betina.gerakan ini dilakukan dengan sangat gemulai.Tarian ini dilakukan dengan berpasangan ada yang menjadi burung merak betina dan juga ada yang menjadi peran burung jantan.

Kostum tari merak


Kostum tarian ini tergolong sangat banyak dimulai dadi kostum sampai aksesorinya berikut 3 bagian dari kepala, badan dan bawah.

1. Bagian kepala

- mahkota: mahkota yang di pakai untuk penari merak disebut siger. Mahkota ini terdiri bermacam aksesoris sehingga terlihat unik.
-hiasan telinga yang dipakai oleh penari tari merak ini hampir sama dengan ornament yang ada pada kostum pewayangan
- hiasan sanggul: jenis aksesoris yang satu ini di kenakan penari merak pada bagian belakang rambutnya. Properti ini disebut juga garuda mungkur.

2 . Bagian badan


- penutup dada. Bagi para penari merak ini menutupi bagian dadanya menggunakan kain seperti layaknya kemben.
-apok. Merupakan aksesoris penutup yang bentuknya panjang dan melingkar. Ini hampir mirip dengan kalung yang di gunakan oleh penari sebagai penutup leher sampai kebagian dada
-sayap. Jika dalam tari jaipong terdapat aksesoris sampur yaitu semacam selendang yang dikaitkan ke leher. Tapi dalam tarian merak terdapat sayap yang secara keseluruhan merupakan ciri utamanya.

3. Bagian bawah


Untuk kostum bagian bawah ini para penari memakai busana berbentuk ROK yang motifnya di serasikan dengan kostumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "tari merak berasal dari daerah ?"

Post a Comment