perebutan kekuasaan dengan paksa disebut ?


perebutan kekuasaan dengan paksa


Perebutan kekuasaan dengan paksa disebut dengan KUDETA.
Kudeta adalah suatu tindakan yang brutal untuk merebut paksa kekuasaan dalam sebuah pemerintahan di suatu negara. Kudeta berasal dari bahasa perancis coup d'etat yang berarti serangan atau pukulan untuk sebuah negara.
 

Macam macam kudeta


Menurut ilmuwan politik samuel p hutington KUDETA memiliki tiga kelas yaitu


1. Kudeta sempalan

Kudeta sempalan adalah sebuah kelompok bersenjata yang terdiri dadi militer atau tentara yang tidak suka dengan kebijakan pemerintah . Yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan tradisional serta membuat elite birokrasi baru .


2. Kudeta wali

Kudeta wali merupakan kumpulan pengkudeta untuk menginformasikan diri sebagai perwalian dalam rencana untuk menggulingkan pemerintahan dalam sebuah negara. Biasanya kudeta wali dikerjakan dengan cara merubah pemerintahan sipil menjadi pemerintahan militer.


3. Kudeta veto

Kudeta veto merupakan kudeta yang dikerjakan lewat partisipasi serta mobilisasi sosial dari sekumpulan masyarakat dalam lakukan penekanan bertaraf besar yang berbasiskan luas pada oposisi sipil.

Penyebab terjadinya kudeta


Melemahnya keadaan ekonomi

Melemahnya Keadaan ekonomi di suatu negara adalah salah satu momok yang akan menjadikan suatu tindakan kudeta karena menurunya keyakinan rakyat terhadap kepemimpinan seorang yang tidak bisa menangani keadaan ekonomi. Harga bahan pokok yang tinggi, lapangan pekerjaan semakin susah, murahnya nilai tukar mata uang dalam negri. Contoh kudeta terhadap pemimpin indonesia. Soeharto di gulingkan mahasiswa pada tahun 1998 lantara keadaan ekonomi memburuk pada tahun 1998.

Penindasan pada rakyat

Yang kecil di hakimi yang besar di lindungi . Itu adalah kata yang menandakan kesewenang wenangan pemerintah dalam memberikan kebijakan yang mencederai mandat rakyat dan bisa saja tidak percaya lagi terhadap pemimpinya . Rakyat menanggung derita lantaran kebijakan ekonomi yang menyengsarakan rakyat dan petinggi malah berfoya foya menggunakan uang rakyat Dan itu pemicu kemarahan rakyat.


Lemahnya pemimpin

Lemahnya sikap seorang pemimpin bisa kurangi keyakinan rakyatnya. Dikarenakan Sikap pemimpin yang tidak tegas dalam memutuskan suatu hal, yaitu satu diantara bukti lemahnya pemimpin sebuah negara. Morsi pemimpin Mesir yaitu satu diantara pemimpin yang dikudeta lantaran dikira lemah dalam memutuskan politis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "perebutan kekuasaan dengan paksa disebut ? "

Post a Comment