apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan ?

Redistribusi pendapatan adalah suatu penyaluran dana/kekayaan yang dimiliki oleh kasta menengah keatas untuk di salurkan ke kasta menengah kebawah. Seperti aturan pemerintah untuk taat membayar pajak tiap taunnya.


Jenis redistribusi di bagi menjadi 2 yaitu vertikal dan horizontal

1. Redistribusi vertikal

Suatu kegiatan transfer uang dari kasta menengah keatas(orang mampu) kepada kasta menengah kebawah (orang tak mampu) dari segi finansial. cara ini dilakukan oleh pemerintah maupun pribadi. Seperti membayar pajak.

2. Redistribusi horizontal

Suatu kegiatan transfer uang atar kelompok, semisal orang dewasa ke anak-anak. Cara ini bersifat siklus kehidupan.

fungsi dari redistribusi pendapatan


  1. Fungsi dari pajak yaitu anggaran penerimaan atau (budgetair) pajak merupakan salah satu sumber pemerintah untuk membiayai pengeluaran pengeluaran seperti pembangunan jalan dan anggaran lainya. Penerimaan anggaran dari perpajakan di masukan kedalam penerimaan dalam negri pada APBN(anggaran pendapatan dan belanja negara)
  2. Fungsi dari pajak untuk mengatur atau (regulerend) pajak merupakan alat untuk mengatur kebijakan pemerintah dalam hal sosial dan ekonomi. Contoh pengenaan pajak lebih tinggi untuk barang" mewah seperti mobil sport dan minuman keras.
  3. Fungsi dari pajak yaitu untuk mengatur stabilitas : pajak sebagai penerimaan negara dapat digunakan untuk menjalankan kebijakan-kebijakan pemerintah. Contohnya adalah kebijakan stabilitas harga dengan tujuan untuk menekan inflasi dengan cara mengatur peredaran uang di masyarakat lewat pemungutan dan penggunaan pajak yang lebih efisien dan efektif.
  4. Fungsi dari pajak yaitu redistribusi pendapatan. Penerimaan dari negara untuk membiayai semua anggaran pengeluaran umum dan pembangunan nasional sehingga dapat membuka lapangan kerja baru dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan ?"

Post a Comment