mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial


mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial


Mobilitas sosial adalah penggerakan tempat dalam masyarakat yang dilakukan seseorang.mobilitas dapat dilakukan dengan melibatkan perubhan dalam posisinya dalam hierarki sosial. Faktor ekonomi sangat penting dalam mobilitas sosial. Dengan baiknya kondisi ekonomi dapat lebih mudah untuk mengakaes prosea yang nenbatu mobilitas sosial terutama pendidikan. Dalam kondisi ekonomi yang baik sesorang dapat bersekolah di tempat yang baik dan universitas yang baik juga.dalam tempat belajar itu sesorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan kemampuan dan keterampilan yang akan membantu dalam dunia kerja. Sehingga dia akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan yang baik dan bergaji tinggi karena itu dia akan mudah melakukan mobilitas sosial karena posisinya dslam masyarakat naik karena memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tinggi.

Sebalikanya orang yang kondisi ekonominya buruk akan sulit mendpatkan pendidikan sehingga dia akan putus sekolah atau tak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Ketika di dunia kerja pilihanya akan terbatas dan hanya akan bisa mendapatkan pekerjaan yang sedikit gajinya. Akibatnya dia akan kesulitan untuk memperbaiki posisinys di masyarakat.

Faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial karena kondisi ekonomi yang buruk seseorang kesulitan untuk mendapatkan pendidikan,pelatihan atau modal usaha untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik atau memulai usaha. Berbeda dengan orang berekonomi tinggi ia bisa lebih mudah untuk mobilitas sosial dan berpendidikan tinggi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial"

Post a Comment