mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya ?

mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya ?


manusia sebagai mahklik sosial tentu akan mengalami perubahan sosial budaya, entah dari cara bergahul, perkembangan zaman dan lain-lain
dulu kita tak tahu apa-apa. dan sekarang semakin berkembangnya zaman banyak hal yang bisa kita ketahui melalui internet. bukan beberapa orang saja tetapi banyak orang akan berubah dan mengikuti perkembangan zaman. nah itu salah satu bentuk dari damapak perubahan sosial budaya.


alasan mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya, karena masyarakat senantiasa mengalami perubahan jumlah penduduk, adanya penemuan baru konflik pemberontakan, adanya perubahan lingkungan alam serta adanya pengaruh budaya lain

apa saja contoh perubahan sosial budaya?

  1. perubahan yang cepat(revolusi) dan lambat (evolusi)                                                                 revolusi dapat diartikan sebagai perubahan yang berlangsung dengan cepat. perubahan revolusi tidak hanya cepat saja melainkan juga skala besar. dampak dari revolusi adalah perubahan menyeluruh pada sendi-sendi kehidupan.  evolusi dapat diartikan sebagai perubahan sosial budaya yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. perubahan evolusi berlangsung lambat bahkan tak jarang kita merasakanya. 
  2. perubahan yang berdampak besar dan kecil                                                                      perubahan yang besar adalah perubahan yang merubah seluruh sendi-sendi kehidupan sosial masyarakat yang eksis sebelumnya. penyebab perubahan ini adalah berasal dari luar atau eksternal. perubahan kecil adalah perubahan yang tidak berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. perubahan tersebut dialami oleh satu unsur budaya tanpa mempengaruhi unsur budaya yang lainya.
  3. Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan                                                    perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang di kehendaki oleh masyarakat. perencanaan adalah kunci yang mantang untuk melakukan suatu perubahan.perubahan yang direncanakan dianggap baik oleh sebagian masyarakat dan dapat menyesatkan bagi sebagian yang lain. perubahan yang tidak di rencanakan adalah perubahan yang secara spontan yang terjadi tanpa kesengajaan. perubahan ini bisa tidak diinginkan namun kondisi memaksa untuk terjadi.

bagaimana proses terjadinya perubahan sosial budaya?

Proses Perubahan Soaial Budaya
Tahukah kamu, bagaimana suatu perubahan sosial budaya terjadi dalam masyarakat? Proses perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat umumnya dilakukan melalui akulturasi, asimilasi, dan difusi.

  1.  Akulturasi adalah proses bertemunya dua budaya atau lebih di mana unsur-unsur budaya lama atau asli masih terlihat dan tidak hilang. Misalnya, proses percampuran budaya Jawa dengan budaya Islam yang saling memengaruhi. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa akulturasi adalah proses masuknya pengaruh budaya asing ke dalam suatu masyarakat di mana sebagian masyarakat menyerap secara selektif dan sebagian lain berusaha menolaknya.
  2.  Asimilasi Proses bertemunya dua budaya atau lebih yang bercampur menjadi satu dalam bentuk budaya baru, sementara budaya aslinya tidak tampak disebut asimilasi. Proses asimilasi berlangsung secara intensif dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga unsur-unsur dan wujud tiap budaya lebur menjadi unsur dan wujud budaya yang lebih dinamis. Asimilasi berbeda dengan akulturasi. Dalam akulturasi, setiap budaya masih memiliki identitas konkret,sedangkan dalam asimilasi, identitas budaya dari setiap budaya asli yang mengalami kontak budaya lebur menjadi unsur dan wujud budaya baru yang jauh berbeda dengan budaya aslinya.
  3. Difusi adalah proses penyebaran atau perembesan suatu unsur budaya dari seseorang kepada orang lain, atau dari suatu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya. Prinsip yang pertama dari difusi adalah unsur-unsur kebudayaan itu pertama-tama akan diambil alih masyarakat yang paling dekat hubungannya atau letaknya paling dekat dari sumbernya. Baru kemudian, kebudayaan baru tersebut diambil oleh masyarakat yang jauh hubungan atau letaknya jauh dari sumber unsur budaya baru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya ?"

Post a Comment