pengertian politis ,apa itu politis? Berikut penjelasanya!


Pengertian politis


Kata politis juga berarti politik. Politis juga bersangkutan dengan politik
Politik merupakan proses pembebtukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat. Politik juga ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.


Ilmu politik merupakan konsep penentuan tujuan politik ada beberapa teori politik


1. Teori politik zaman klasik

  • Teori politik socrates
socrates memiliki kepribadian yang teoritikus politik berupaya jujur,adil dan rasional. Namun kecenderungan teori socrates sebagai teoritikus politik membawa kemantian melalui hukuman mati oleh mahkamah rakyat. Pada sisi lain socrates menonjolkan etika yang berintikan budi yakni orang tahu tentang kehidupan dan pengetahuan yang luas. Dan akhirnya menumbuhkan rasa rasionalisme sebagai wujud teori politik socrates.

  • Teori politik plato 
Politik yang dijabarkan oleh plato adalah sebagai cerminan teori politik. Dalam teori ini tentang keberadaan manusia didunia terdiri tiga bagian yaitu, pikiran,semangat, dan nafsu ingin berkuasa.
Plato memiliki idealisme yang secara operasional meliputi menentukan tujuan dan nilai daripada kehidupan etik,pengertian matematik,etika hidup manusia yang ingin hidup senang dan bahagia dan bersifat intelektual dan rasional.

  • Teori aristoteles
Nuansa filsafat politik aristoteles meliputi: filsafat teoritis,filsafat praktek dan filsafat produktif. Teori negara yang dinyatakan sebagai bentuk persekutuan hidup yang akrab di antara warga negara untuk menciptakan persatuan yang kukuh. Oleh karena itu penguasa harus memiliki pengetahuan dan kebijakan yang sempurna.

2. Teori politik zaman pertengahan

  • Teori politik agustinus 
Negara sekuler dianggap sebagai penyelewangan oleh para penguasa yang arif dan bijaksana sehingga kekuasaan bagaikan keangkuhan dengan berbagi kejahatan. Sedangkan negara tuhan ia menghargai sesuatu yang baik dan mengutamakan kebebaran.perkembangan negara sekuler ke dalam modern dimana penguasa berupaya untuk menggunakan cara paksa menurut kehendak pribadi.
Keadilan politik dalam negara tuhan

-Tuhan menjadi raja sebagai dasar negara
-Keadilan di letakan sebagau dasar negara
-kehidupan warga negara penuh
-penguasa bertindak selaku pelayan dan pengabdi masyarakat

  • Teori thomas aquinas 
-Pembagian negara baik dengan buruk yang menerapkan sumber teori politik.
-Tujuan negara yang identik dengan tujuan manusia dalam hidup yakni mencapai kemuliaan abadi dalam hidup.
-Dalam negara harus di perlukan adanya hukum abadi yang berakar dari jiwa tuhan yang mengatur alam semesta dan hukum alam manusia untuk mentaati hukum.


3. Teori politik zaman modern

  • Teori thomas hobbes 

yaitu mencangkup pengaruh situasi politik di masa sistem politik absolut. Thomas hobbes mengemukakan teori politik state of nature yakni manusia yang satu menjadi lawan terhadap manusia lain . Keadaan ini di sebut juga in abstracto yang memiliki sifat: bersaing,membela diri dan dihormati
 
  • Teori john lacke 
Teori john mengemukakan hak hak alamiah sebagai berikut: hak akan hidup, hak atas kebebasan dan kemerdekaan, hak memiliki sesuatu.

  • Teori kedaulatan de facto dan de jure 

Teori untuk menunjukan bahwa pelaksanaan pada kekuasaan yang nyata dalam suatu masyarakat merdeka atau telah memiliki independasi. Dalam teori politik kedaulatan de jure menunjuk pada pengakuan suatu wilayah atau suatu situasi menurut hukum yang berlaku. Oleh karena itu teori kedaulatan de jure lebih menitikberatkan aspek huku. Sebagai dasar yuridis formal atas hak politik warga negara dan wilayah dengan penguasa negara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pengertian politis ,apa itu politis? Berikut penjelasanya!"

Post a Comment