suku suku di pulau sumatera ? Berikut jawabanya!

suku suku di pulau sumatera

 
Sumatera merupakan pulau terbesar ke enam terbesar di dunia yang terdapat di indonesia, dengan luas 473.481km2.

Penduduk di sunatra sendiri sekitar 58 juta jiwa. Pulau ini di kenal dengan namanya pulau percha,andalas atau suwarnadwipa dan juga banyak juga suku suku yang berada di pulau sumatera berikut suku yang ada di pulau sumatera:

1. Suku batak


Suku batak merupakan suku terbesar di indonesia. Tapi nama ini hanya sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasi beberapa suku bangsa. Suku bangsa yang di kategorikan sebagai suku batak adalah. Toba,karo,pakpak,simalungun,angkola, dsn mandaling. Batak merupakan suku suku yang mendiami sebagaian wilayah sumatera utara.

2. Suku minangkabau / minang


Suku minang sebagaian besar menganut agama islam. Minangkabau meliputi sumatra barat separuh dari daratan riau bagian utara bengkulu. Masyarakat minang sebagai penganut matrilineal terbesar di indonesia. Prinsip adat minangkabau adalah adat basandi syarak,syarak basandi kitabullah adat yang bersendikan hukum alquran yang berarti adat berlandaskan ajaran islam.

3. Suku melayu


Suku melayau merupakan suku dari orang orang austronesia terutama penghuni di seluruh semenanjung malaya. Nama melayu berasal dari suatu kerajaan melayu yang pernah ada di sungai batang hari,jambi. Dalan perkembanganya kemudian melayu takhluk oleh kerajaan sriwijaya dan menjadi bawahan sriwijaya

4. Suku nias


Suku nias merupakab kelompok masyarakat yang hiduo di pulau nias dan suku nias adalah orang yang hidup dalam lingkungan adat dan kebudayaan yang tingi. Hukum nias adalah FONDRAKO yang mengatur seluruh kehiduoan suku nias dari kelahiran sampai kematianya.


5. Suku aceh


Suku aceh merupakan suku asli dari provinsi aceh. Suku aceh sebagian besar beragama islam. Suku aceh memiliki banyak nama lain yaitu lam muri,lambiri,akhir,achin,asji,a-tse, dan atse. Suku aceh sebenarnya keturunan dari berbagai suku yang menetap di tanah aceh.

6. Suku mentawai


Suku mentawai adalah suku dari penghuni asli kepulauan mentawai. Mereka adalah penganut budaya proto melayu yang menetap di kepulauan nusantara sebelah barat. Suku ini terkenal sebagai peramu dan ketika pertama kali di ketahui ia belum mengenal bercocok tanam. Tradisi khas suku mentawai adalah tato di sekujur tubuhnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "suku suku di pulau sumatera ? Berikut jawabanya!"

Post a Comment