apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi


Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi


Tuhan menciptakan manusia untuk saling berinteraksi, kebutuhan untuk bermasyarakat dan berkumpul merupakan kebutuhan dasar yang dinamakan gregatiouness maka dari itu manusia merupakan makhluk sosial.

Manusia dalam memenuhi kebutuhannya adalah makhluk ekonomi yang cenderung tidak pernah merasa puas dengan apa yang diperolehnya dan selalu berusaha secara terus menerus untuk memenuhi kebutuhanya.

Manusia sebagai makhluk ekonomi


Manusia sebagai makhluk ekonomi adalah manusia melakukan kegiatan sehari hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi terbagi menjadi 3

1.produksi

Kegiatan produksi ialah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sesorang untuk menghasilkan barang. Produksi juga bisa diartikan kegiatan untuk meningkatkan kegunaan barang dan manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Dalam kegiatan produksi ada kegiatan mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi setengah jadi. Ada juga mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Contoh kegiatan produksi
  • Petani mengolah sawah untuk menghasilkan padi singkong dan jagung
  • Petani menggiling padi menjadi beras
  • Pabrik sarung tangan membuat sarung tangan 
  • Membuat tahu 
  • Membuat televisi dan handphone

2. Konsumsi

Kegiatan konsumsi ialah kegiatan manusia untuk menghabiskan barang dan jasa untuk mencapai kemakmuran hidupnya. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi di sebut konsumen barang dan jasa yang di konsumsi disebut barang konsumsi. Pada kehidupan manusia kegiatan konsumsi ini lebih sering di kaitkan dengan makan dan minum saja. Namun selain makan dan minum menggunakan baju, menggunakan mobil dan motor, menggunakan celana, menggunakan sepatu. Jadi kegiatan konsumsi memiliki tujuan untuk mengurangi atau menghabiskan fungsi ekonomi dalam suatu barang.


3. Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang atau badan usaha menyalurkan barang barangnya ke tangan konsumen di sebut distributor.
Tanpa adanya distributor barang dari produsen tidsk mungkin akan sampai ke konsumen yang jaraknya snagat jauh dari produsen.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi"

Post a Comment